«

Mar 13

BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN

  Bahwa didalam sebatang rokok terdapat 4000 bahan kimia yang tidak bagus untuk kesehatan, dan ada kandungan utama dalam rokok yaitu nikotin. Apa itu nikotin, dijelaskan oleh dr. Rina Istarowati kepala Puskesmas Dinoyo Kota Malang dalam mengisi pemaparan materi bahaya merokok bagi kesehatan pada saat penyuluhan bahaya merokok yang diadakan oleh Kelurahan Merjosari pada tanggal 13 Maret 2019, beliau menjelaskan bahwa nikotin itu adalah :

1. Suatu bahan kimia yang cukup berbahaya

2. Suntikan 60 mg nikotin dapat membunuh

3. Bekerja pada sistem saraf

4. Cepat meresap kedalam sel tubuh

5. Menyebabkan peningkatan aktivitas pada sistem peredaran darah

6. Menyebabkan ketagihan

7. Menyebabkan keracunan jika berlebihan

Disampaikan juga oleh beliau selain nikotin ada pula zat yang berbahaya pada rokok yaitu : benzene, tar, arsenik, karbon monoksida.

Oleh karena itu berhentilah merokok dari sekarang karena nggak ada satu manfaatpun bagi kesehatan tubuh. Bahaya yang menjadikan kematian meningkat (  terjadinya serangan jantung, kanker, stroke, penyakit paru-paru kronik ); kualitas kehidupan menurun ( sering batuk-batuk, dijauhi karena asap dari perokok mengganggu dls ).

Data kematian karena merokok oleh WHO adalah :

– 4 juta kematian terjadi setiap tahun karena menghisap rokok ( aktif maupun pasif )

– 11.000 kematian setiap hari

– 70% terjadi di negara berkembang

Demikian sebagian pemaparan yang disampaikan oleh kepala Puskesmas Dinoyo Kota Malang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>