Beberapa jenis tanaman obat

1. Kunyit (Curcuma domestica Val.)
imagesBiasanya digunakan sebagai bumbu dapur atau yang biasanya digunakan oleh masyarakat Bangka Belitung untuk membuat masakan lempah kuning. Berbagai penyakitpun dapat diatasi oleh nya diantaranya : anti mikroba, pencegah kanker, mengatasi penyakit maag, menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah, anti oksidan, mengatasi rasa mual, pembalut luka dan menghilangkan gatal – gatal pada kulit.

Salah Satu Manfaat :

  • Menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah adalah dengan meminum airnya yang didapat dari memarut kunyit kemudian ambil sarinya berupa air. Lakukan hingga kadar lemak dan kolesterol turun.

2. Jahe (Zingiberaceae)
jahe-merahTanaman ini sudah cukup terkenal dikalangan pecinta minuman herbal yang cukup ampuh menghangatkan tubuh dikala cuaca dingin. Disamping itu beberapa penyakit yang dapat diatasi oleh jahe antara lain : menyembuhkan batuk, meningkatkan kekebalan tubuh, mangatasi masuk angin, sakit kepala, mengatasi mabuk darat dan laut, obat luka memar dan menghambat oksidasi kolesterol.

Salah Satu Manfaat :

  • Mengatasi batuk, melegakan nafas, masuk angin dan kepala pusing dengan cara menumbuk tidak terlalu harus kemudian diseduh dengan air panas dan tunggu mengendap. Minum selagi masih hangat.

3. Kencur
kencur-manfaatTanaman obat ini dapat juga digunakan sebagai bumbu masakan yang digunakan umumnya untuk membuat sayur bening. Beberapa khasiatnya antara lain untuk memperlancar haid, menghilangkan rasa lelah, mengatasi batuk dan anti peradangan lambung.

Salah Satu Manfaat :

  • Mengatasi batuk dan sebagainya dengan cara yang sama persis dengan membuat ramuan tanaman jahe di atas.

4. Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb)
temulawakzat aktif berupa kurkumin pada temulawak terbukti berkhasiat sebagai obat anti peradangan seperti mengatasi keracunan empedu dan hepatitis B.

Salah Satu Manfaat :

  • Memperlambat proses penyebaran virus hepatitis dan mengobati dengan cara memarutnya terlebih dahulu kemudian diminum. Ulangi hingga sembuh.


5. Lengkuas
lengkuasJika ingin membuat rendang sudah dipastikan menggunakan tanaman obat ini. Namun tahukan kita bahwa lengkuas yang memiliki zat aktif galangol, methyl-cinnamae, galangin, sineol, kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat dan amilum terbukti ampuh mengatasi penyakit diantaranya : melancarkan peredaran darah, membuang toxin dan radikal bebas dalam tubuh, penambah nafsu makan, menyembuhkan rematik dan limfa, meredakan diare, mengatasi mabuk darat dan laut dan mencegah tumor.

Salah Satu Manfaat :

  • Menjadikannya sebagai bahan bumbu masakan adalah cara efektif untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit atau dengan merebus 3 ruas lengkuas yang sudah diiris tipis-tipis dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 1/2 gelas air. Minum air rebusan tersebut diwaktu pagi sebelum sarapan.

6. Selederi
seldriSelederi sering digunakan sebagai penyedap rasa terutama saat menyantap hingan mie. Tanaman ini juga dikenal dengan nama daun sop sebagai pelengkap masakan soto, bakso dan sebagainya. Disamping aromanya yang khas khasiatnya adalah mengatasi penyakit asam urat dan obat cuci ginjal paling murah

Salah Satu Manfaat :

  • Mengobati asam urat dengan merebus 2 tangkai disertai daun dengan 1 1/2 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas air saja. Minum diwaktu pagi sesudah sarapan. Pernah mencoba namun rasanya huek.. pahit dan terasa aneh.

7. Daun Dewa
daun-dewa_thumb3Sesuai dengan namanya daun dewa memiliki ragam khasiat mulai dari daun hingga akar dan dapat dijadikan sebagai lalapan. Terdapat kandungan minyak atsiri, flavonoid, dan saponin untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Beberapa khasiat dari daun tanaman obat dewa antara lain : melancarkan aliran darah, menghilangkan racun dalam tubuh, menurunkan demam, mengobati tekanan darah tinggi, obat diabetes (kencing manis), untuk meredakan nyeri, memar dan luka akibat gigitan binatang.

Salah Satu Manfaat :

  • Menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara merebus 7 lembar dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan kira-kira 2 gelas air saja. Minum ramuan ini diwaktu pagi dan sore hari sesudah makan.


8. Sirih
sirihBiasanya sering digunakan untuk nyireh yang fungsinya untuk memperkuat enamel gigi dan membunuh bakteri yang aktif dalam mulut. Selain itu dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan lainnya seperti mimisan, sakit gigi, gusi bengkak, bisul, bau badan, bau ketiak, menghilangkan penyakit kulit, melancarkan datang bulan tidak teratur, mengatasi batuk, sariawan, mempercepat proses penyembuhan luka bakar, demam berdarah dan obat kumur alami untuk membunuh bakteri aktif dalam mulut.

Salah Satu Manfaat :

  • Mengatasi bau badan dengan merebus 5 lembar daun sirih bersama dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan kira-kira 2 gelas saja. Kemudian minum ramuan tersebut diwaktu siang hari cukuo 1 kali saja salam sehari.
  • Untuk mempercepat penyembuhan penyakit kulit dapat menumbuk secukupnya daun sirih hingga halus kemudian ditempel.


9. Brotawali
brotawali tanaman ini biasanya tumbuh liar di tempat yang panas. Rasanya begitu luar biasa pahitnya. Dibalik rasa pahit tersebut sangat berkhasiat mencegah dan mengobati berbagai penyakit diantaranya : mempercepat penyembuhan luka, mengatasi penyakit kulit,, menurunkan demam, mengobati kencing manis, dan sakit rematik

Salah Satu Manfaat :

  • Mengatasi kencing manis dengan cara merebus hingga mendidih 6 cm brotawali, 4 lembar daun kumis kucing dan 6 lembar daun sambiloto bersama dengan 4 gelas air hingga menyisakan 2 gelas air.oadaum diwaktu pagi dan malam hari. Berhenti menggunakannya jika kadar gula sudah turun

10. Daun Kemangi
kemangiJika kita sering makan pecel lele pastilah menemukan tanaman kemangi ini yang disajikan bersama dengan sambal. Ada dari kita tidak memakan kemangi tersebut dikarenakan bau khas dari daun kemangi itu dan adapula yang menyantapnya bersama dengan menu makanan. Nah, bagi mereka yang tidak memakannya merugilah, dikarenakan salah satu fungsinya adalah untuk menetralisir racun yang mungkin saja terbawa pada makanan tersebut terutama makanan yang dibakar.

Khasiat lainnya dari kemangi antara lain : memperkuat sistem kekebalan tubuh, menambah stamina pria, mencegah kemandulan, sebagai antiseptik alami, memperbaiki fungsi hati, mencegah bau badan, menurunkan kadar gula darah, mencegah tulang kropos, memperlancar asi dan menghilangkan jerawat.

Salah Satu Manfaat :

  • Untuk mencegah dan mengobati seperti beberapa gangguan kesehatan yang sudah disebutkan secara efektif adalah dengan mengkonsumsinya menjadi lalapan.

11. Lidah Buaya
lidahbuayaDikenal dengan tanaman aleo vera sering sekali digunakan oleh pakar kecantikan untuk menghilangkan jerawat, menjaga kesehatan bulu mata, memperkuat rambut dan menghilangkan ketombe, menghilangkan flek hitam pada wajah dan menutup pori-pori wajah yang terlalu besar.

Selain itu, berbagaipenyakit juga dapat dicegah dan diobati dengan lidah buaya diantanyanya : melancarkan peredaran darah, membantu mempercepat proses penyembuhan paska operasi, menyembuhkan TBC Asma Batuk, anti peradangan dan menyembuhkan tekanan darah tinggi.

Salah Satu Manfaatnya : 

  1. Mempercepat proses penyembuhan pasca operasi adalah dengan mengambil 2 daun lidah buaya kemudian dikupas kulit luarnya. Ambil dagingnya kemudian dipotong potong makan begitu saja atau dapat dibuatkan sirup dengan rasa yang tidak manis.

Sumber dari : http://www.gejalapenyakit.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *